Home Ekonomi Politik Nasional Daerah Hukrim Gaya Hidup Internasional Indeks
Follow Us ON :
 
Peran Penting Perawat Indonesia Dalam Menangani Pandemi
Kamis, 18-03-2021 - 00:13:20 WIB
TERKAIT:
 
  • Peran Penting Perawat Indonesia Dalam Menangani Pandemi
  •  

    majalahelsinta.com,Jakarta–Masa pandemi, peran perawat merupakan pilar utama, mengingat merekalah yang berinteraksi secara langsung dengan pasien covid-19. Totalitas perawat dalam menjalankan tugasnya sangat berisiko dalam menanggulangi COVID-19 di Indonesia. Para dokter tidak bisa bekerja sendiri tanpa dukungan perawat.


    Apresiasi tersebut disampaikan Dr. Sugiyanto, S.Pd, M.App.Sc, Kapusdik SDM Kesehatan Kemenkes pada 'Hari Perawat Nasional'. “Peran perawat ini sangat krusial, kawan-kawan dokter tidak bisa bekerja sendiri tanpa dukungan kawan-kawan perawat dan kita tahu mereka bekerja sangat komprehensif. Mereka bisa menjadi motivator dan pada saat awal pandemi, advokasi kawan-kawan perawat sangat luar biasa dalam mencegah timbulnya stigma negatif bagi pasien COVID-19,” jelasnya dalam Dialog Produktif bertema “Perawat Merawat Semangat” yang diselenggarakan KPCPEN dan ditayangkan di FMB9ID_IKP, Rabu (17/3).


    Dr. Sugiyanto juga menuturkan bagaimana kebesaran hati para perawat dalam menjalankan tugas mereka. “Para perawat ini harus meninggalkan keluarga, semata agar pasien covid-19 cepat sembuh, mereka ujung tombak pada masa pandemi ini,” terangnya.


    Pada kesempatan yang sama, Harif Fadillah, Ketua Umum Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) juga memberikan apresiasi kepada para perawat yang hingga kini masih berjuang menanggulangi pandemi, “Secara umum, tugas perawat itu memberikan asuhan keperawatan, baik saat pandemi maupun sebelum pandemi. Memang ada tantangan tersendiri saat pandemi seperti saat ini, seperti sifat penyakitnya yang mudah menular, sehingga perawat harus lebih hati-hati, waspada, serta disiplin. Jumlah pasien yang tinggi juga memberikan beban yang lebih dari biasanya,” jelasnya menggambarkan kondisi yang dihadapi perawat.


    Dalam tugasnya, Harif menjelaskan ada pembekalan yang diberikan untuk menangani pasien COVID-19 di lapangan, “Sebelum menghadapi pasien, perawat mendapatkan pelatihan agar terhindar dari penularan, juga pelatihan basic life support, jadi sebelum terjun mereka diberikan pembekalan tambahan, tidak terbatas memberi perhatian fisik, juga memberikan motivasi, kemauan ingin sembuh, kemandirian, termasuk memberikan semangat kepada pasien,” terangnya.


    Selaku Ketua PPNI, Harif tak lupa berpesan pada rekan-rekan perawat yang hari ini masih mengabdi menangani kasus COVID-19 agar tidak kendur semangatnya dalam melayani masyarakat, “Bagi sahabat perawat, Hari Perawat Nasional ini adalah momentum yang baik untuk membuktikan bahwa profesi perawat mulia. Tetap bekerja secara profesional, menjaga etika yang tinggi, menjaga disiplin agar tidak tertular dan mengabdi pada negeri,” katanya.


    Evy Ina Sasauw, Perawat RSDC Wisma Atlet, menceritakan pengalamannya di lapangan saat merawat pasien COVID-19, “Tentunya ada rasa takut tertular, tapi kami di sini sudah dibekali protokol pemasangan alat pelindung diri (APD). Kami juga saling mendukung dan saling mengingatkan untuk istirahat yang cukup agar tidak stres, makan makanan yang sehat dan bervitamin agar tetap semangat melayani asuhan keperawatan kepada pasien,” ujarnya.


    Menimbang risiko yang dihadapi tenaga kesehatan, termasuk perawat di dalamnya, Pemerintah memprioritaskan program vaksinasi pertama untuk melindungi mereka dari tertular COVID-19. Dari survei internal PPNI tentang penerimaan vaksinasi di kalangan perawat, 82% perawat juga bersedia mendapatkan vaksin pertama kali.


    “Di Wisma Atlet, kami mendapat fasilitas untuk divaksinasi. Awalnya memang takut, tapi antusiasme perawat dan relawan yang tinggi membuat kami bersedia mendapat vaksinasi pertama kali. Ternyata setelah divaksinasi tidak mendapat efek samping apa-apa,” terang Evy.


    Tidak hanya untuk melindungi kalangan tenaga kesehatan saja, Evy juga berpesan kepada masyarakat untuk menerima vaksinasi COVID-19 saat tiba gilirannya nanti, “Untuk masyarakat, jangan ragu untuk divaksinasi karena kami sendiri tenaga kesehatan khususnya di Wisma Atlet sudah menjalankan vaksinasi tanpa ada efek samping apapun,” tegasnya.




     
    Berita Lainnya :
  • Aksi Nyata, Panasonic GOBEL Menyediakan 10 Posko untuk Vaksin Seluruh Karyawan
  • Film Persepsi Kuras Energi Fisik dan Mental Lewat Sebuah Kompetisi
  • Asyik, Keluarga Cemara 2 Kembali Sapa Keluarga Indonesia
  • Maksimalkan Hobi dengan Samsung Galaxy A32 5G
  • Ada Optimisme NOAH Lewat Lagu Badai Pasti Berlalu
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Aksi Nyata, Panasonic GOBEL Menyediakan 10 Posko untuk Vaksin Seluruh Karyawan
    02 Film Persepsi Kuras Energi Fisik dan Mental Lewat Sebuah Kompetisi
    03 Asyik, Keluarga Cemara 2 Kembali Sapa Keluarga Indonesia
    04 Maksimalkan Hobi dengan Samsung Galaxy A32 5G
    05 Ada Optimisme NOAH Lewat Lagu Badai Pasti Berlalu
    06 Di Tengah Pandemi Virus Corona, Perusahaan Herbal Ini Buka Lowongan di Seluruh Cabang Indonesia
    07 Visinema Rilis Original Soundtrack Film NUSSA, Kejutanku 
    08 Blue Bird Raih Penghargaan Kemenkes
    09 Pembatalan Keberangkatan Ibadah Haji 2021 Disyukuri SAPUHI 
    10 Survei Tren Wisata Keberlanjutan Agoda  Ungkap Kekhawatiran Terbesar Dampak Pariwisata 
    11 Hymne 'Wiratama Hiu Kencana' Diarransemen Ulang Noah 
    12 Youtubers, Ini Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Bikin Konten Ya
    13 RuOptions Rukita, Pemilik Properti Dapat Tingkatkan Okupansinya
    14 Ada Album Saura dari Manjakani 
    15 Waspada Tren Peningkatan Keterisian Tempat Tidur Covid-19 Paska Libur Idul Fitri
    16 Ada 50 Armada Blue Bird di Bandara Internasional Husein Sastranegara 
    17 Giring Ganesha dan Dul Jaelani Rilis Lagu Burung Gereja
    18 Raker DMI DKI Bahas Penyaluran Dana BOTI untuk Masjid dan Musholla 
    19 Linkrafin  Juara Favorit Lomba Karya Musik Anak Komunitas 
    20 Presiden Jokowi Lantik Kepala BNPB Letjen Ganip Warsito
    21 Agoda Melayani Kebutuhan SegmenTraveler Baru dengan Luncurkan GoLocal 
    22 Manajemen Ancol terus Sempurnakan  Protokol Kesehatan 
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © SITUS NEWS - terpercaya dan bersahabat