Home Ekonomi Politik Nasional Daerah Hukrim Gaya Hidup Internasional Indeks
Follow Us ON :
 
PT KAI Daop 1 Jakarta  Batasi Penumpang Usia di Bawah 12 Tahun 
Minggu, 01-08-2021 - 14:44:07 WIB
TERKAIT:
 
  • PT KAI Daop 1 Jakarta  Batasi Penumpang Usia di Bawah 12 Tahun 
  •  

    Majalahelsinta.com, Jakarta - Ditengah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Level 4 di Jawa dan Bali, PT Kereta Api Indonesia (Persero) kembali melakukan penyesuaian persyaratan naik kereta api jarak jauh (KAJJ), yaitu mulai 29 Juli 2021 untuk sementara calon penumpang usia di bawah 12 tahun dibatasi. Penumpang dengan usia tersebut hanya dapat berangkat jika memiliki kebutuhan khusus atau mendesak.

    Di wilayah PT KAI Daop 1 Jakarta, peraturan ini diterapkan pada perjalanan KA Jarak Jauh baik dari Stasiun Gambir, Pasarsenen, Bekasi, Karawang dan Cikampek dengan tujuan menekan angka paparan Covid-19 terhadap usia anak-anak, dan sebagai bentuk komitmen PT KAI dalam mendukung langkah Pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid-19 melalui PPKM Darurat.

    Adapun pengecualian bagi calon penumpang KA usia di bawah 12 tahun dapat melakukan perjalanan KA jika dalam keadaan kebutuhan mendesak dan wajib disertai surat keterangan dari pemerintah setempat (Lurah/RW/RT), rumah sakit, sekolah dan lainnya.

    Sebagai contoh calon penumpuang di bawah 12 tahun kebutuhan mendesak, yaitu mengikuti lomba olimpiade matematika di kota lain maka harus membawa surat keterangan dari sekolah. Kemudian, 
    seorang anak harus melakukan pengobatan  di rumah sakit di kota lain maka harus ada surat pengantar dari dokter, dan lain sebagainya.

    Selain persyaratan pelaku perjalanan/ penumpang di bawah 12 tahun dibatasi untuk sementara, terdapat ketentuan perjalanan KA Jarak Jauh lainnya yang wajib diperhatikan pelanggan KA, yang berlaku sejak 29 Juli 2021, antara lain:

    - Calon pengguna KAJJ wajib menunjukkan hasil pemeriksaan covid-19 dengan hasil negatif baik RT PCR yang berlaku 2x24 jam atau Antigen yang berlaku 1x24 jam sejak pengambilan sampel.

    -  Calon pengguna KAJJ wajib memiliki bukti telah melakukan vaksin pertama dalam bentuk Kartu Vaksinasi, e-sertifikat maupun bukti vaksin elektronik lainnya yang menyatakan telah disuntik vaksin minimal vaksin dosis pertama.

    - Calon pengguna KAJJ yang tidak/belum divaksin dengan alasan medis dibuktikan dengan surat keterangan dari dokter spesialis, dan menunjukkan hasil pemeriksaan covid-19 dengan hasil negatif baik RT PCR yang berlaku 2x24 jam atau Antigen yang berlaku 1x24 jam sejak pengambilan sampel.

    - Calon pengguna KAJJ di bawah umur 5 (lima) tahun dengan kebutuhan mendesak tidak diwajibkan untuk melakukan test RT-PCR atau Antigen.

    - Calon pengguna KAJJ di bawah umur 18 (delapan belas) tahun dengan kebutuhan mendesak tidak diwajibkan menunjukkan kartu vaksin.

    PT KAI Daop 1 Jakarta kembali menghimbau kepada pengguna KA Jarak Jauh saat melakukan perjalanan KA harus dalam kondisi sehat saat melakukan perjalanan KA (tidak menderita flu, pilek, batuk, hilang daya penciuman, diare, dan demam), suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat celsius, serta memakai masker kain 3 lapis atau masker medis yang menutupi hidung dan mulut.

    Pelanggan yang tidak memenuhi  persyaratan, maka tidak diperkenankan untuk melakukan perjalanan dan tiket akan dikembalikan 100%. PT KAI mendukung penuh seluruh kebijakan pemerintah pada masa pandemi untuk menekan penyebaran Covid-19.

    Selain itu, untuk menjaga physical distancing, KAI hanya menjual tiket sebanyak 70% dari kapasitas maksimal tempat duduk untuk KA Jarak Jauh. Pelanggan juga tetap wajib mematuhi protokol kesehatan serta menerapkan 3M yaitu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak baik saat berada di stasiun maupun selama dalam perjalanan.

    Informasi perjalanan KA dapat diketahui melalui saluran resmi milik PT KAI (Persero) diantaranya aplikasi KAI Access, website resmi kai.id, Contact Center 121 line (021)121, Layanan pelanggan cs@kai.id dan Sosial media @keretaapikita @kai121_

    Sri W




     
    Berita Lainnya :
  • Trailer TEKA-TEKI TIKA Diluncurkan
  • Film Akad  Berlatar Belakang Alam Indah The Mandalika
  • Atlantis Water Adventure Ancol Mulai Operasional
  • Blibli Sediakan Potongan Harga Hingga 90% Saat Pesta Diskon 12.12
  • PWI JAYA Jamu KAWAN dengan Nasi Uduk  dan Balado Jengkol
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Trailer TEKA-TEKI TIKA Diluncurkan
    02 Film Akad  Berlatar Belakang Alam Indah The Mandalika
    03 Atlantis Water Adventure Ancol Mulai Operasional
    04 Blibli Sediakan Potongan Harga Hingga 90% Saat Pesta Diskon 12.12
    05 PWI JAYA Jamu KAWAN dengan Nasi Uduk  dan Balado Jengkol
    06 Wantannas RI Kunjungi Yahukimo
    07 Ada Meet & Greet-Golden Memories' di Selayang Pandang Kitchen Gallery
    08 Mantab, PWI JAYA Sambut Baik “KAWAN”
    09 Ivan Gunawan Rubah Konsep Baru Beauty Salonnya, Seperti Apa?
    10 Dipimpin Kombes Retno Dwiyanti, Polda Riau Kirim 9 Delegasi Polwan pada Gelaran The 58th IAWP 2021
    11 Ekles Clinic Hadir di Makasar Penuhi Kebutuhan Masyarakat Buat Treatment
    12 Ketua Umum Sapuhi Minta Semua Pihak Sabar Soal Keberangkatan umroh
    13 Ekles Clinic Perluas Cabang Penuhi Kebutuhan Konsumen
    14 Jaga Generasi Penerus Bangsa, Kapolri Beri Dukungan Psikososial ke Anak Terdampak Covid-19
    15 Ikutan NGEGASS Community, Yuk!
    16 Dapat Tas Baru dari Alumni SIP ke-50 Resimen Wira Satya Adhipradana Polda Riau, Dijjah Kegirangan
    17 Ada Konser RockenLol di Kota Depok
    18 Berangkat Sekolah tidak Ada Pompong, Para Pelajar Diantar Kapal Sat Polair Polres Inhil
    19 Kasat Lantas Polres Dumai Dorong Motor dan Seberangkan Pelajar Sekolah
    20 Diskusi Bersama Ketua Asosiasi dan Pemred Media, Kapolda Ajak untuk Jadikan Riau Lebih Baik
    21 Buruan Tonton Depok Rocktober
    22 Resmikan Layanan Drive Thru di Polres Rohil, Kapolda Riau Ajak Rohil Berlari Kencang
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © SITUS NEWS - terpercaya dan bersahabat