Home Ekonomi Politik Nasional Daerah Hukrim Gaya Hidup Internasional Indeks
Follow Us ON :
 
Makassar Jadi Tuan Rumah Kajida
Rabu, 22-09-2021 - 22:11:39 WIB
TERKAIT:
 
  • Makassar Jadi Tuan Rumah Kajida
  •  

    Majalahelsinta.com, Jakarta - Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas) RI melalui Unit Kedeputian Sistem Nasional mendaulat Makassar sebagai tuan rumah penyelenggaraan Kajian Daerah (Kajida), Selasa (21/9/2021) hingga Jumat (24/9/2021).

    Sebagai negara kepulauan, Indonesia dalam sejarahnya telah membuktikan bahwa penguasaan lautan merupakan pola umum pada masa Kerajaan Sriwijaya, Majapahit, hingga Bugis-Makassar.

    Namun demikian, perubahan pola pikir masyarakat dari budaya maritim ke budaya agraris selama bertahun-tahun menjadi kendala bagi bangsa Indonesia dalam mendayagunakan potensi sumberdaya maritim yang melimpah serta potensi jalur lintas laut dalam mendatangkan devisa negara.

    Tekad untuk kembali kepada pola pikir maritim alhasil dicetuskan pada tahun 1996 dengan pencanangan Tahun Bahari pada Konvensi Nasional Pembangunan Benua Maritim Indonesia (BMI) di Makassar, Sulawesi Selatan. 

    Salah satu daerah di Indonesia yang sangat identik dengan budaya maritim adalah Kabupaten Bulukumba di Sulawesi Selatan. Untuk produksi perikanan tangkap, Bulukumba menyumbang lebih dari 50 ribu ton hasil setiap tahunnya. Bulukumba juga memiliki ragam destinasi wisata alam bahari dan para pengrajin perahu Phinisi sehingga Bulukumba juga dikenal dengan julukan Butta Panrita Lopi.

    Selain itu, Kabupaten Bulukumba terbukti memiliki nilai,baik dari aspek sosial, budaya, ekonomi, maupun nilai diplomasi. hal tersebut yang memutuskan Wantannas RI melakukan Kajida ke daerah tersebut sebagaimana disampaikan Deputi Bid. Sisnas yang menjadi Ketua Tim Kajida Mayjen TNI Moh. Hatta Usmar Rukka.
    “Berkaitan dengan hal tersebut, kegiatan ini di Bulukumba, Kabupaten yang mengemban lambang warisan dunia yaitu kapal pinisi,” ucapnya.

    Moh. Hatta Usmar Rukka yang juga salah satu Putra Sulawesi Selatan menambahkan, dirinya optimis kegiatan yang dilaksanakan hari ini, tidak hanya dapat menghasilkan ide-ide yang orisinil, namun juga bisa lebih mengangkat peran Sulawesi Selatan dalam mendukung kemajuan Bangsa dan Negara, khususnya melalui visi poros maritim dunia.

    Sementara itu, Bupati Bulukumba Andi Utta sapaan akrab HA.Muchtar Ali Yusuf memaparkan potensi industri perahu rakyat yang dimiliki oleh masyarakat Bulukumba secara turun temurun, yang merupakan modal besar bagi Kabupaten Bulukumba dalam mengembangkan industri perahu yang ada sekarang ini.

    Tempat pembuatan perahu yang ada di Kabupaten Bulukumba, kata Bupati, bukan hanya menjadi Kawasan pembuatan perahu, namun lebih dari itu kawasan ini menjadi salah satu tujuan obyek wisata bahari di Kabupaten Bulukumba. Dari 10 kecamatan di Kabupaten Bulukumba, 7 diantaranya memiliki garis pantai, ini membutikan bahwa Kabupaten Bulukumba sejak dulu menjadi salah satu daerah di Indonesia yang memiliki daya dukung dalam memperkokoh perwujudan poros Maritim Dunia dan menjadi salah satu pusat kebudayaan bahari di Nusantara.

    secara turun temurun, kebudayaan bahari sejak dulu telah dimiliki oleh masyarakat Bulukumba, namun tantangan yang harus dihadapi saat ini adalah bagaimana kebudayaan bahari yang ditandai dengan kecerdasan lokal masyarakat dalam pembuatan  perahu dapat dilestarikan sepanjang masa, apalagi perahu Pinisi saat ini telah ditetapkan menjadi salah satu Warisan Budaya Dunia Takbenda oleh UNESCO.

    Dari kunjungan daerah tersebut, diharapkan dapat dperoleh informasi, ide dan masukan-masukan serta pemikiran guna merancang penyelesaian permasalahan yang terkait dengan kondisi di Kabupaten Bulukumba pada khususnya, yang selanjutnya bisa dirumuskan suatu substansi kebijakan penting yang dapat dijadikan rekomendasi kepada pemerintah,

    Untuk mencapai tujuan Kajida yang menitikberatkan pada perolehan informasi dan data terkait sumber daya kelautan dan budaya maritim, maka Tim mengunjungi lokasi khusus seperti Kantor Pemerintah Kabupaten Bulukumba dan galangan pembuatan Kapal Pinisi Tana Lemo Bonto Bahari Bulukumba. Bersama Pemkab Bulukumba, Wantannas juga menggelar Focus Group Discussion yang bertujuan untuk memperkuat pencarian data dan fakta. Adapun tema yang diusung adalah Optimalisasi Peran Pemerintah Daerah dalam Mendukung Keberadaan Pinisi Sebagai Warisan Dunia dari UNESCO Guna Memperkokoh Perwujudan Poros Maritim Dunia.

    Dijadwalkan Kajida dilaksanakanan mulai Selasa (21/9/2021) hingga Jumat (24/9/2021). Pejabat Kedeputian Sisnas Wantannas RI yang ikut dalam kunjungan kerja tersebut yaitu Deputi Sistem Nasional Mayjen TNI Moh. Hatta Usmar Rukka selaku Penanggung Jawab Tim, Bandep Urs. Lingal Brigjen TNI Ganef Suwondo S.IP selaku Ketua Tim, serta anggota tim terdiri dari Brigjen TNI M. Affandi S.IP, Brigjen TNI Marjani S.IP, Kombes Pol Yulias S.IK, Kolonel Laut (KH) Tantawi Jauhari S.E, Dra. Sri Rahayu Purwaningtyastuti.

    Sri W




     
    Berita Lainnya :
  • Buruan Tonton Depok Rocktober
  • Resmikan Layanan Drive Thru di Polres Rohil, Kapolda Riau Ajak Rohil Berlari Kencang
  • Pastikan Keamanan Obyek Vital Nasional, Kapolda Riau Pimpin Gelar Apel Patroli Berskala Besar
  • Hair Avenue Refrensi Potong Rambut Pria
  • Polda Riau Amankan 87 Kg Sabu, Kapolda Ingatkan Masyarakat Tak Tergiur Bujuk Rayu Sindikat
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Buruan Tonton Depok Rocktober
    02 Resmikan Layanan Drive Thru di Polres Rohil, Kapolda Riau Ajak Rohil Berlari Kencang
    03 Pastikan Keamanan Obyek Vital Nasional, Kapolda Riau Pimpin Gelar Apel Patroli Berskala Besar
    04 Hair Avenue Refrensi Potong Rambut Pria
    05 Polda Riau Amankan 87 Kg Sabu, Kapolda Ingatkan Masyarakat Tak Tergiur Bujuk Rayu Sindikat
    06 Belajar dan Mengajar Kian Asyik dan Gampang dengan Outclass
    07 Aplikasi BSR Polda Riau Sukses Tekan Angka Positivity Rate Menjadi 1,4 Persen
    08 Resmikan Gedung Vaksin Centre Polres Meranti, Kapolda Targetkan Vaksinasi 1.000 Masyarakat Perhari
    09 Kapolda Riau Launching Aplikasi "Bersama Selamatkan Riau" Tangani Covid-19
    10 HUT ke-76 TNI, Kapolri: Sinergitas TNI-Polri Mutlak Sebagai Kekuatan Strategis Hadapi Tantangan
    11 Buka Pelatihan Personel Yang Akan Masuk Masa Pensiun, Siap Purna Anda Bahagia
    12 Jelang Masa Pensiun, Personel Brimob Menangis Dapat Rumah dari Kapolda Riau
    13 'Dalam Teduh', Single Terbaru Fatin
    14 Yuk Telusuri dan Ulik Keindahan Batik Betawi di Ancol
    15 Sekretariat Jenderal Dewan Ketahanan Nasional Gelar Pra Sidang
    16 Amankan PON XX Papua, Kapolri: Antisipasi Gangguan Kamtibmas Hingga Penguatan Prokes
    17 Ada Virtual Cycling The 1st Gear di  Oktober 2021
    18 Ayo Ikutan Awesome Review Contest Bareng Galaxy A32
    19 Bersama Selamatkan Riau, Aplikasi Membantu Selamatkan Warga
    20 Majelis Agama Terbitkan Deklarasi Agama untuk Indonesia Adil dan Damai
    21 Irjen Agung Setya: Selalu Waspada Potensi Ancaman
    22 Menag Minta Kader Ansor Tebar Manfaat Bagi Umat
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © SITUS NEWS - terpercaya dan bersahabat