Home Ekonomi Politik Nasional Daerah Hukrim Gaya Hidup Internasional Indeks
Follow Us ON :
 
Bersama Selamatkan Riau, Aplikasi Membantu Selamatkan Warga
Selasa, 28-09-2021 - 13:38:20 WIB
Aplikasi Bersama Selamatkan Riau
TERKAIT:
 
  • Bersama Selamatkan Riau, Aplikasi Membantu Selamatkan Warga
  •  

    PEKANBARU - Mengantisipasi terjadinya gelombang III lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia, Polda Riau sudah melakukannya dengan penerapan inovasi teknologi berupa aplikasi yang diberi nama Bersama Selamatkan Riau. Aplikasi ini mengintegrasikan informasi dari Satgas Covid-19 tingkat pusat, Provinsi Riau hingga kabupaten dan kota di bumi Lancang Kuning ke dalam satu sistem.

    Ini tak terlepas dari pengalaman penanganan selama 2 tahun Covid-19 di Riau serta fluktuasi kasus ditentukan akibat lemahnya penerapan prokes, dan penanganan pasien terkonfirmasi pasien C-19.

    "Satgas Covid-19 Pusat memprediksi Indonesia akan mengalami gelombang ketiga terjadi saat perayaan Natal bersamaan dengan libur tahun baru. Jangan sampai kedodoran dalam penanganannya, maka Polda Riau luncurkan inovasi teknologi berupa aplikasi Bersama Selamatkan Riau," jelas Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, Senin (27/9/2021).

    Kapolda Irjen Pol Agung Setya menjelaskan, sejak awal pandemi menerjang Riau, Maret 2020 silam, Polda Riau sudah menawarkan kepada Pemda. Akhirnya Polda Riau membuat inovasi teknologi sendiri dalam bentuk aplikasi Bersama Selamatkan Riau.

    Mekanisme penerapan aplikasi ini dimulai dari hilir usai diumumkannya informasi pasien terkonfirmasi positif Covid-19 dari Satgas di tingkat Pusat hingga Riau. Informasi itu kemudian dilakukan pengolahan data yang diperoleh tersebut.

    "Usai diumumkan siapa saja terkonfirmasi positif Covid-19, maka sebanyak 1.483 pelacak (tracer) yang merupakan anggota polisi di kelurahan dan kecamatan bekerja melakukan verifikasi. Sehingga data diperoleh benar-benar valid," jelas Irjen Pol Agung Setya.

    Ia menjelaskan, anggota polisi di kelurahan dan kecamatan langsung mendatangi rumah atau tempat tinggal pasien terkonfirmasi positif Covid-19. Ribuan tracer itu dengan protokol kesehatan (Prokes) memverifikasi secara tatap muka pasien guna mengidentifikasi serta mengetahui seperti apa keluhan warga tersebut.

    Dari sini, jelasnya, semua apa diperoleh kemudian dimasukkan ke dalam aplikasi Bersama Selamatkan Riau. Di antara yang diisi itu antara lain status pasien, sudah tes apa sehingga dinyatakan terkonfirmasi positif, pemeriksaan penunjang, tanggal pemeriksaan terkonfirmasi, hasil laboratorium, alasan, catatan rekomendasi, serta foto saat dilakukan verifikasi. Termasuk nama tracer, nomor teleponnya serta tanggal dilakukan tracing.

    "Aplikasi ini sudah jalan di Polda Riau. Hasilnya, para tracer di lapangan bahkan ada yang datang membawa nakes untuk langsung melakukan swab test kepada keluarga pasien tersebut. Para tracer dengan Nakes saling terhubung di aplikasi ini, sehingga memudahkan penanganannya," jelas jenderal bintang 2 tersebut.

    Dari aplikasi diperlihatkan tersebut, usai tracer mengisi di "Bersama Selamatkan Riau", muncul notifikasi atau pemberitahuan ke 900 tenaga kesehatan (Nakes).

    Para nakes terdiri dari dokter Puskesmas serta nakes yang ditunjuk oleh Kepala Puskesmas. Nakes kemudian menindaklanjuti laporan dari polisi yang bertugas sebagai tracer di lapangan.

    Nakes akan mengisi mengenai pasien terkonfirmasi positif Covid-19 dengan menekan nama bersangkutan di aplikasi Bersama Selamatkan Riau yang memuat tingkat gejala apakah ringan, sedang maupun berat, penyakit penyerta, catatan berupa kontak eratnya dengan siapa, rekomendasi penanganan apakan isolasi mandiri di rumah, isoter di tempat telah disiapkan pemerintah atau dirujuk langsung ke rumah sakit.

    Tak hanya itu, Nakes juga akan mengisi berapa saturasi oksigen, termasuk paket obat-obatan direkomendasi untuk diminum pasien serta nama Nakes dan tanggal rekomendasi.

    "Usai Nakes mengisi aplikasi dari para tracer, kemudian muncul notifikasi atau pemberitahuan ke tracer semula. Dari sini, tracer kemudian mengambil resep paket obat-obatan direkomendasikan ke apotek Puskesmas terdekat," pungkasnya. (rilis)



     
    Berita Lainnya :
  • Atlantis Water Adventure Ancol Mulai Operasional
  • Blibli Sediakan Potongan Harga Hingga 90% Saat Pesta Diskon 12.12
  • PWI JAYA Jamu KAWAN dengan Nasi Uduk  dan Balado Jengkol
  • Wantannas RI Kunjungi Yahukimo
  • Ada Meet & Greet-Golden Memories' di Selayang Pandang Kitchen Gallery
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Atlantis Water Adventure Ancol Mulai Operasional
    02 Blibli Sediakan Potongan Harga Hingga 90% Saat Pesta Diskon 12.12
    03 PWI JAYA Jamu KAWAN dengan Nasi Uduk  dan Balado Jengkol
    04 Wantannas RI Kunjungi Yahukimo
    05 Ada Meet & Greet-Golden Memories' di Selayang Pandang Kitchen Gallery
    06 Mantab, PWI JAYA Sambut Baik “KAWAN”
    07 Ivan Gunawan Rubah Konsep Baru Beauty Salonnya, Seperti Apa?
    08 Dipimpin Kombes Retno Dwiyanti, Polda Riau Kirim 9 Delegasi Polwan pada Gelaran The 58th IAWP 2021
    09 Ekles Clinic Hadir di Makasar Penuhi Kebutuhan Masyarakat Buat Treatment
    10 Ketua Umum Sapuhi Minta Semua Pihak Sabar Soal Keberangkatan umroh
    11 Ekles Clinic Perluas Cabang Penuhi Kebutuhan Konsumen
    12 Jaga Generasi Penerus Bangsa, Kapolri Beri Dukungan Psikososial ke Anak Terdampak Covid-19
    13 Ikutan NGEGASS Community, Yuk!
    14 Dapat Tas Baru dari Alumni SIP ke-50 Resimen Wira Satya Adhipradana Polda Riau, Dijjah Kegirangan
    15 Ada Konser RockenLol di Kota Depok
    16 Berangkat Sekolah tidak Ada Pompong, Para Pelajar Diantar Kapal Sat Polair Polres Inhil
    17 Kasat Lantas Polres Dumai Dorong Motor dan Seberangkan Pelajar Sekolah
    18 Diskusi Bersama Ketua Asosiasi dan Pemred Media, Kapolda Ajak untuk Jadikan Riau Lebih Baik
    19 Buruan Tonton Depok Rocktober
    20 Resmikan Layanan Drive Thru di Polres Rohil, Kapolda Riau Ajak Rohil Berlari Kencang
    21 Pastikan Keamanan Obyek Vital Nasional, Kapolda Riau Pimpin Gelar Apel Patroli Berskala Besar
    22 Hair Avenue Refrensi Potong Rambut Pria
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © SITUS NEWS - terpercaya dan bersahabat